Minggu, 19 Juni 2016

TIPS BERLIBUR KE SINGAPORE


tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Patung Merlion Dan Marina Bay Sands Yang Menjadi Salah Satu Daya Tarik Para Turis ke Singapura

Menurut survey iseng-iseng yang pernah saya lakukan Singapura adalah destinasi luar negeri pertama yang dikunjungi sebagian besar orang Indonesia. Alasannya selain jaraknya paling dekat di Negeri Singa itu memiliki beragam tempat menarik untuk dikunjungi baik tata kotanya yang modern, arsitektur bangunannya yang futuristik, pusat perbelanjaan yang besar dan lengkap, transportasi MRT, LRT dan bus yang tertata rapih, acara hiburan yang menarik, taman suaka marga satwa yang keren tempat untuk melihat panda yang lucu, aquarium terbesar di dunia, serta arena taman bermain seperti Universal Studio di Sentosa Island yang seru. 
Hal-hal itulah yang menjadi mimpi orang-orang Indonesia khususnya yang hendak pertama kali ke luar negeri dan berkunjung ke Singapura. Dan apabila kamu termasuk orang yang hendak pertama kali mau berlibur ke Singapura khususnya yang pergi tanpa travel agent berikut tips yang dapat kami berikan agar liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan terencana mulai dari mendarat di negeri Singapura hingga hendak terbang keluar dari negeri Singapura.

1.   Mengisi Kartu Imigrasi Kedatangan & Keberangkatan
Apabila kamu pergi ke Singapura dengan pesawat terbang umumnya ketika dalam penerbangan pramugari/ pramugara akan memberikan selembar kartu imigrasi disembarkation/embarkation card yang harus kamu isi sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke negara Singapura. Pesan saya isilah semua kolom yang diwajibkan dengan lengkap termasuk dimana kamu tinggal selama di Singapura. Mengapa? Agar ketika kamu nanti hendak di cek di pos imigrasi untuk di cek paspornya tidak mengalami kendala karena kamu harus melengkapinya kartu tersebut serta diinterogasi banyak pertanyaan oleh petugas imigrasi. Hal ini yang kerap kali saya temui ketika ke Singapura dimana beberapa orang tidak mengisi kartu tersebut dengan lengkap sehingga membuat antrean menjadi terhenti dan menjadi lama.


tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Umumnya Pramugari/ Pramugara Akan membagi kartu imigrasi masuk Singapura diatas pesawat. Isilah dengan lengkap.
Bagaimana bila kamu tidak memperoleh kartu imigrasi kedatangan & keberangkatan tersebut? Hal ini bisa saja terjadi misalnya karena kamu tertidur diatas pesawat ketika pramugari membagi kartu imigrasi tersebut atau karena penyebab lainnya. Jika hal tersebut terjadi carilah kartu disembarkation/embarkation yang biasanya ada di meja-meja tak jauh dari loket imigrasi pengecekan paspor untuk masuk ke Singapura.

2.  Ambil Peta dan Brosur
Setibanya di Bandara Changi (Changi International Airport) carilah Tourism Information Center atau rak-rak yang menyediakan peta dan brosur tentang wisata dan transportasi umum di Singapura yang dapat kamu ambil secara gratis. Hal ini sangat penting selain untuk mendapatkan gambaran umum peta transportasi MRT juga terdapat informasi tentang semua tempat wisata populer yang patut kamu kunjungi selama berlibur di Singapura. Selain itu umumnya di setiap brosur yang ada terdapat potongan kupon atau voucher yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan harga diskon puluhan persen di beberapa tempat wisata, hotel maupun tempat makan/restoran.


tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Brosur Dan Peta Yang Dapat Ditemukan Dibeberapa Rak di Bandara Changi


3.  Pelajari Peta Transportasi Umum
       Hampir semua tempat populer Di Singapura dapat dicapai dengan transportasi umum baik MRT, monorail maupun bus umum. Setelah mendapatkan peta dari bandara Changi pelajarilah dengan seksama jalur mana yang hendak kamu pilih dan di stasiun MRT mana sebaiknya kamu transfer atau bertukar kereta.

tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Jalur MRT di Singapura (courtesy: www.catherinepang.com)


4.  Bawa Tumblr atau Botol Air Minum
       Di Singapura air minum bisa dikatakan mahal harganya, jadi apabila kamu memiliki budget terbatas tidak ada salahnya untuk membawa botol minum dari Jakarta kemudian dapat diisi di beberapa tempat air minum gratis yang tersebar di beberapa titik di Bandara Changi Singapura. Lumayan bisa menghemat beberapa dollar.

5.   Toilet
        Ketika baru turun dari pesawat sebagian orang memiliki kebiasaan untuk pergi ke toilet entah sekedar mengaca :D atau memang untuk buang air kecil dan besar khususnya bagi orang yang tidak nyaman untuk menggunakan toilet di pesawat. Salah satu hal yang harus kamu ketahui toilet di Singapura sebagian besar toilet duduk dan tidak ada semprotan air, namun di beberapa toilet memang ada juga toilet jongkok dan ada airnya. Jadi bila kamu tidak terbiasa menggunakan toilet kering ada baiknya membawa tissue basah sendiri. Jika kamu terbiasa membilas dengan air tidak ada salahnya menyiapkan 1 botol bekas air minum sendiri yang dapat kamu gunakan untuk menampung air dari wastafel yang dapat kamu gunakan untuk membilas. 1 hal yang harus kamu patuhi jagalah kebersihan toilet dengan membuang sampah tissuenya di tong yang disediakan dan jagalah toilet agar tetap bersih dan kering.

6.  Masuk Loket Imigrasi
Untuk orang Indonesia bebas visa jadi kamu dapat masuk ke negara Singapura tanpa harus membayar visa. Apabila kamu masuk ke Singapura melalui jalur udara maka akan diberikan perizinan untuk tinggal/berlibur di Singapura selama maksimal 30 hari. Saat menuju loket imigrasi baiknya keluarlah di terminal yang sama tempat pesawat kamu mendarat. Kemudian ikuti barisan antrean dengan tertib dan siapkan semua dokumen yang diperlukan yaitu paspor dan kartu imigrasi kedatangan dan keberangkatan yang telah kamu isi dengan lengkap. Agar dokumen tidak tercecer ada baiknya kamu menggunakan passport cover/ passport holder untuk menyimpan dokumen tersebut. 
Passport Cover Untuk Menyimpan Paspor, Tiket Pesawat Serta Kartu Imigrasi Yang Keren
Satu yang harus kamu ingat ketika giliran kamu hendak tiba selalu berdiri di belakang garis kuning/ garis pembatas sampai giliran kamu tiba dipanggil untuk menghampiri petugas imigrasi di loket tersebut. Ketika sedang berhadapan dengan petugas imigrasi berperilakulah yang sopan, jangan memotret atau bermain dengan gadget dan handphone mu. Bila diajukan pertanyaan jawablah dengan sopan. Apabila kamu tidak bisa berbahasa inggris gunakan saja bahasa Indonesia. Penting!, simpanlah dengan baik jangan sampai hilang potongan kartu imigrasi disembarkation/embarkation karena kartu ini wajib kamu serahkan saat nanti hendak keluar Singapura.

7.  Menuju Terminal 2
Untuk menuju pusat kota terdapat beberapa pilihan moda transportasi mulai dari taxi, bus atau kereta api Mass Rapid Transit yang dikenal dengan MRT. Yang harus kamu ketahui setiap orang yang mendarat di Singapura akan mendarat di terminal yang berbeda tergantung maskapai dan asal penerbangannya. Apabila kamu hendak naik transportasi umum MRT maka berjalanlah mengikuti petunjuk arah menuju stasiun MRT yang terletak di Teminal 2 Bandara Changi. Apabila kamu mendarat di Terminal 1 atau 3 bisa menggunakan kereta monorel yang menghubungkan terminal-terminal di bandara Changi.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Posisi MRT ada di Terminal 2 Changi Airport, Ikuti Saja Petunjuk Arah Yang Ada di Bandara
 8.      Beli Kartu EZ Link / Tourist Pass
Saya rekomendasikan setibanya di stasiun MRT Changi Airport untuk membeli EZ Link Card yang tersedia di loket penjualan tiket. Kartu e-money ini adalah salah satu alat pembayaran elektronik yang diterima secara luas di Singapura. Dengan kartu ini kamu dapat melakukan pembayaran secara praktis ketika naik transportasi umum seperti MRT, LRT maupun bus dengan cara menempelkan kartu di dekat mesin pembaca. Tak hanya itu kartu inipun dapat diterima di berbagai vending machine yang menjual minuman serta gerai ritel ternama sebagai alat pembayaran yang sah. Setelah itu carilah informasi mengenai cari mengisi ulang kartu Ez Link tersebut di vending machine otomatis yang tersebar di semua stasiun MRT. Jika kamu mau lebih simple bisa juga membeli kartu tourist pass harian yang bisa dibeli di loket penjualan tiket dimana kartu ini dapat kamu gunakan seharian kemana saja tanpa harus isi ulang.

9.  Masuk Stasiun MRT
Pastikan kamu masuk melalui pintu yang benar. PErhatikan dengan seksama mana pintu khusus untuk masuk dan mana pintu untuk keluar yang dapat dibedakan dari warna hijau berarti pintu boleh dilalui dan merah dilarang melintas. Tempelkan kartu ez link atau tourist pass tepat pada card reader yang telah ditentukan sampai pintunya terbuka lalu berjalanlah masuk tanpa perlu terburu-buru.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Masuklah Dengan Tertib Pada Pintu Yang Telah Ditentukan


10.  Di Dalam Stasiun MRT
Di semua platform dan dalam kereta MRT setiap penumpang dilarang untuk makan, minum serta merokok. Jadi patuhilah peraturan tersebut untuk menghindari kamu ditangkap dan dikenakan denda yang besar karena melanggar aturan. Peraturan ini dibuat selain untuk kenyamanan setiap penumpang juga untuk menjaga kebersihan fasilitas transportasi umum di Singapura.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Suasana Di Dalam Stasiun MRT Singapura
11.  Naik Ekskalator
Di Singapura dan di negara maju ada peraturan dimana ketika kita naik ekskalator berdirilah disisi kiri untuk kamu yang diam berdiri di tangga jalan tersebut. Janganlah berdiri diam di sisi kanan karena jalur tersebut diperuntukan untuk orang-orang yang berjalan cepat khususnya orang-orang yang sedang terburu-buru atau berlari mengejar kereta agar tidak tertinggal.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Biasakan Saat Naik Ekskalator Berdirilah di Sebelah Kiri
12.  Naik Lift
Jika kamu bukan termasuk orang yang sangat membutuhkan fasilitas ini baiknya tidak perlu menggunakan lift namun menggunakan ekskalator saja. Namun apabila kamu hendak menggunakan lift berilah prioritas kepada pihak yang lebih membutuhkan seperti kaum manula, ibu hamil, ibu yang membawa anak, orang sakit atau orang berkebutuhan khusus yang menggunakan kursi roda sebelum kamu naik ke dalam lift tersebut.

13.  Naik Transportasi Umum MRT
Ketika hendak naik MRT berdirilah mangantre secara tertib di garis yang telah ditentukan. Dahulukan penumpang yang turun dan naiklah ke kereta dengan tertib. Satu hal yang harus kamu lakukan sebaiknya jangan pernah naik di kursi yang tertulis reserved seat yang dialokasikan khusus untuk kaum manula, ibu hamil, ibu yang membawa anak, orang sakit atau orang berkebutuhan khusus walaupun kursi itu sedang kosong terlebih lagi ketika ada orang yang lebih membutuhkan. Jadilah penumpang yang memiliki empati dan peduli terhadap orang lain dan menjadi penumpang yang baik.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Seperti yang Terlihat di Foto Ini Jika Kamu Bukan Orang Yang Berkebutuhan Khusus Jangan Sesekali Duduk di Kursi Prioritas, Berikan Kepada Yang Memang Membutuhkan
14.  Naik transportasi bus umum
Selain MRT yang telah menghubungkan hampir ke berbagai penjuru kota di Singapura juga terdapat bus umum yang dapat kamu gunakan untuk berkeliling kota. Di negeri ini terdapat dua operator bus yaitu SMRT dan SBS transit yang melayani ke berbagai penjuru kota. Yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan bus ini baiknya kamu sudah memiliki kartu Ez Link sebagai alat pembayaran yang sah atau uang koin tunai untuk pembayarannya. Naik dan turun bus di halte yang telah ditentukan. Untuk naik bus naiklah dari pintu depan secara tertib kemudian letakan kartu ez link di card reader yang ada di dekat supir bus sampai bunyi teet dan terlihat bahwa kartu kamu telah terdeteksi. Untuk beberapa bus yang masih boleh bayar tunai baiknya siapkan uang pas karena pengemudi tidak akan memberikan uang kembalian mengingat di bus-bus umum di Singapura tidak ada kenek.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Gambaran Umum Naik Bus di Singapura


15.  Naik Taksi
Taksi adalah salah satu transportasi umum yang terbilang cukup mahal di negeri Singapura, jika memang kamu memiliki budget terbatas rasanya naik MRT dan bus adalah solusi paling tepat. Namun jika ada kondisi lain yang membuat kamu harus naik taksi naiklah di tempat pemberhentian taksi yang telah ditentukan karena kamu tidak dapat memberhentikan taksi ditempat sembarangan begitu juga saat hendak turun taksi juga akan memberhentikan kamu di tempat yang telah ditentukan.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Bus Dan Taksi Memiliki Tempat Khusus Untuk Menaikan dan Menurunkan Penumpang
16.  Banyak Berjalan Kaki
Apabila kamu sedang menjelajah kota Singapura dengan berjalan kaki gunakan jalur pedestrian yang telah ditentukan untuk jalur pejalan kaki. Persiapkan kondisi tubuh yang fit karena untuk jalan-jalan di negeri ini kamu pastinya akan dituntut untuk banyak berjalan kaki mengingat jarak dari satu stasiun MRT ke tempat yang kamu tuju atau jarak dari satu stasiun MRT ke stasiun pertukaran ke laluan MRT terkadang cukup jauh. Karena itu gunakanlah alas kaki atau sepatu yang nyaman untuk berjalan kaki. Pakai sepatu casualyang nyaman dengan model yang trendy bisa jadi pilihan yang tepat. 
Pakailah Sepatu Yang Nyaman Untuk Berjalan Kaki
17.  Menyebrang Jalan
Di negeri ini menyebrang jalan wajib dilakukan di jalur yang telah ditentukan biasanya berupa jalan bawah tanah, jembatan penyebrangan, zebra cross atau dia buah garis putih sejajar. Bila menyebrang melalui zebra cross tunggulah hingga lampu tanda berjalan kaki berwarna hijau dan apabila sudah berwarna kuning ada baiknya jangan mencoba untuk mulai menyebrang.

tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Menyebrang di Dekat Perempatan Jalan


18.  Rekomendasi Penginapan

Untuk mencari penginapan di Singapura carilah akses yang dekat dengan transportasi umumMRT untuk memudahkan kita dan sesuaikan dengan area yang kamu kehendaki. Untuk yang suka belanja rasanya mencari penginapan di Orchard adalah pilihan yang tepat, untuk kamu yang memiliki budget terbatas area bugis, little india dan lavender bisa menjadi salah satu pilihan karena ada banyak hostel dan guesthouse dengan harga menginap yang terjangkau disana. Untuk kamu yang business trip di area twin tower rasanya area downtownadalah pilihan yang bijak. 
Apabila kamu ingin mendapatkan sensasi menginap dengan suasana yang berbeda dari hotel pada umumnya saya sarankan bisa mencari di Airbnb.com dimana kamu bisa menginap di rumah penduduk di Singapura, apartement, guesthouse atau penginapan lainnya. Bagi kamu yang belum mendaftar Airbnb kamu bisa menggunakan kode referral saya di link Airbnb.com ini agar bisa mendapatkan kredit / voucher sebesar 35 USD yang dapat kamu gunakan untuk memesan penginapan. Tertarik? Yuk Daftar airbnb.com disini.

19.  Patuhi segala peraturan
Di negara ini diberlakukan sanksi dan hukuman denda yang berat apabila kamu melakukan pelanggaran terhadap peraturan. Jangan harap kamu bisa menghindar karena di negeri ini banyak CCTV untuk memonitor keamanan, kebersihan dan ketertiban khususnya di fasilitas umum. Ada beberapa larangan yang harus kamu ketahui disini diantaranya dilarang menguyah permen karet dan membuang bekasnya sembarangan, dilarang buang sampah sembarangan, dilarang meludah sembarangan, dilarang merokok sembarangan dan larangan lainnya untuk menghindari denda yang besar mulai dari 250 Dollar Singapura hingga puluhan ribu dollar bahkan hukuman penjara.itulah kenapa neger ini dikenal dengan Singapore is Fine City karena begitu besarnya denda yang diterapkan. Namun dampak positifnya negeri ini menjadi sangat tertib, displin, bersih, nyaman dan aman bagi siapa saja yang datang ke negeri ini.
Kalo kamu memiliki kebiasaaan merokok perhatikan dengan seksama tempat dimana saja kamu bisa merokok karena denda yang diberlakukan di negeri ini cukup berat yaitu 1000 dollar Singapura jika kamu melanggarnya. Jangan sesekali mencoba merokok sambil berjalan apalagi di transportasi umum karena bisa saja kamu ditangkap untuk membayar denda tersebut.
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Beberapa Contoh Denda Yang Dikenakan Apabila Kamu Melanggar Peraturan (courtesy thehikinghighheel.com)
20.  Cuaca Tropis
Singapura memiliki cuaca yang sama dengan Indonesia maka persiapkan pakaian yang nyaman sesuai musim. Ketika musim kemarau pakailah pakaian yang nyaman dan tidak gerah karena kamu akan banyak berada diluar untuk menjelajah tempat-tempat menarik di Singapura dan sebaliknya ketika jalan-jalan di musim hujan jangan lupa bawalah jaket dan payung agar kamu tetap bisa menjelajah dan tidak terjebak di satu tempat saja. Yang pasti bawalah pakaian terbaikmu agar penampilan saat liburan tetap gaya dan keren untuk difoto, seperti pakaian yang dijual di Mapemall ini misalnya.

21.  Makanan & Minuman halal
      Apabila kamu muslim yang hendak mencari makanan halal perhatikan dengan seksama tempat dimana kamu membeli makanan. Apabila kamu hendak makan Chinese food pastikan di gerai makanan tersebut terdapat tulisan “no pork no lard”. Jika tidak ada tulisan tersebut ada baiknya mencari kedai lainnya. Untuk amannya baiknya beli nasi padang, yong tou fo, makanan araba tau india atau kedai nusantara.
     Minum air mineral di Singapura bisa dibilang cukup mahal jadi jika kamu memiliki budget terbatas jika memungkinkan belilah di supermarket dibanding beli di minimarket karena harganya lebih murah. Ada baiknya belilah air mineral dalam ukuran besar kemudian di refill ke tempat air minum yang kamu bawa saat traveling sedangkan air minum ukuran besar untuk disimpan di tempat penginapan. 
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Salah Satu Kedai Halal di Singapura
22.  Colokan Listrik
        Di Singapura  umumnya menggunakan colokan listrik kaki 3 sedangkan di Indonesia umumnya menggunakan colokan listrik kaki 2. Jadi agar charger atau gadget kamu seperti camera, handphone, dll bisa di charge disini maka sebaiknya bawalah converter dari kaki 2 ke kaki 3. Apabila kamu tidak memilikinya bisa juga beli yang universal converter jadi bisa digunakan ke berbagai negara.

23.  Tas selempang
    Ketika jalan-jalan menjelajah Singapura kamu akan dituntut banyak berjalan kaki dan berjalan di keramaian orang lalu lalang baik penduduk setempat maupun sesama turis. Maka ada baiknya bawalah barang bawaan seperlunya dan gunakan tas selempang yang praktis untuk membawa perlengkapan kamu mulai dari dompet, paspor, gadget, peta, tempat air minum dan perlengkapan lain. Tas selempang Organized travel tote yang kecil seperti ini misalnya enak untuk dibawa jalan kemana saja.
Organize Travel Tote Bag Yang Asik Untuk Dibawa Saat Berjalan-Jalan
24.  Keluar Singapura
Saat hendak keluar dari negara Singapura persiapkan dokumen yang diperlukan mulai dari paspor serta potongan kartu imigrasi disembarkation/embarkation yang telah kamu simpan sejak pertama kali masuk ke Singapura.  
tips liburan ke singapura, tips jalan-jalan ke singapura, pertama kali ke singapura, backpacking ke singapura, liburan murah ke singapura, singapore
Pos Imigrasi di Terminal 2 Bandara Changi Singapura
Semoga tips jalan-jalan liburan untuk kamu yang baru pertama kali ke Singapura bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar